Modus Penipuan Asuransi, 4 yang Sering Terjadi

Meningkatnya kesadaran pentingnya memiliki asuransi sudah bisa dirasakan di Indonesia. Namun, bermunculan juga modus penipuan asuransi yang menjebak masyarakat. Jika tidak berhati-hati bukan tidak mungkin bisa merugikan Anda.

4 Modus Penipuan Asuransi

Jangan mudah percaya dengan tawaran menggiurkan dari agen maupun sales asuransi yang tidak resmi. Apalagi jika tawaran tersebut tidak masuk akal. Penipuan merupakan tindakan yang sengaja dilakukan untuk keuntungan finansial.

 

Orang yang melakukan penipuan bisa terjadi di berbagai titik misalnya pemegang polis, penuntut pihak ketiga, profesional, dan transaksi oleh pelamar. Orang yang melakukan penipuan ini termasuk:

  • Masuk dalam penjahat yang terorganisir dan mencuri dalam jumlah besar melalui kegiatan bisnis penipuan.
  • Profesional maupun teknisi yang menaikkan biaya layanan.
  • Orang-orang biasa yang memandang pengajuan klaim sebagai peluang untuk menghasilkan uang.

 

Simak modus penipuan asuransi yang sering terjadi berikut ini:

Premi Transfer

Oknum agen asuransi akan menjaring calon nasabah melalui premi transfer. Untuk menghindari modus ini, jangan melakukan transfer uang premi ke rekening pribadi agen atau sales asuransi. Utamakan melakukan transfer ke rekening perusahaan.

Fee Churning

Modus penipuan selanjutnya, yaitu free churning, tujuannya untuk mendapatkan komisi dalam pembukaan polis baru. Agen atau sales asuransi akan membujuk nasabah untuk pindah dengan iming-iming pelayanan prima.

 

Berpindahnya asuransi memiliki risiko membuat premi yang harus dibayarkan ternyata semakin tinggi seiring bertambahnya umur. Perpindahan ini akan memberikan risiko melepas sebuah manfaat yang tidak ditawarkan. Contohnya perpindahan ke asuransi mobil all risk.

Mengganti Polis

Modus selanjutnya yang sering terjadi yaitu penggantian polis. Agen meminta Anda melakukan upgrade polis yang baru sesuai dengan manfaat yang diinginkan. Tujuannya adalah agar agen mendapatkan komisi dari pembukaan polis baru.

 

Ada kemungkinan Anda tidak sadar, sebab manfaat yang tertera sudah sesuai. Cara mudah untuk mengetahui polis sudah mengalami upgrade adalah melihat nomor polis yang tertera. Jika menggunakan polis baru maka akan ada perubahan.

Menutupi Informasi Produk

Kasus terakhir yang sering terjadi adalah menutupi informasi produk. Tujuannya untuk mendapatkan komisi dari premi. Pada umumnya modus ini dilakukan oleh unit link yang hanya memaparkan manfaat investasinya tanpa memberitahu risikonya.

Waspadai modus penipuan asuransi agar Anda bisa menghindari dan tidak merugi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *